Gangguan Komunikasi

a. Latar Belakang

Blog ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas kuliah psikologi anak khusus. Gangguan komunikasi adalah salah satu bentuk dari gangguan belajar.

b. Kategori dalam gangguan komunikasi

Kategori-kategori dalam gangguan komunikasi gangguan bahasa eskpresif, gangguan bahasa campuran ekspresif, gangguan fonologis, gagap, dimana masing-masing gangguan ini mempengaruhi fungsi akademik pada anak termasuk dalam DSM IV Axis I(Nevid, 2002).

c. Ciri gngguan komunikasi (Kaplan, 2002) :

1. Gangguan bahasa ekspresif

Pada gangguan ekspresif anak-anak berada di bawah kemampuan yang diharapkan dalam hal perbendaharaan kata, pemakaian keterangan waktu (tenses) yang tepat, produksi kalimat yang kompleks, dan daya ingat dalam mengingat kata dan kalimat.

2. Gangguan bahasa ekspresif campuran

Dalam gangguan ini, anak terganggu dalam pengertian dan ekspresi bahasa.

3. Gangguan fonologis

Anak dengan gangguan ini akan melakukan kesalahan dalam produksi suara, menghilangkan suara tertentu seperti konsonan.

4. Gagap dan gangguan komunikasi yang tidak ditentukan

Anak akan melakukan pengulangan bunyi, perpanjangan, penyiapan, berhenti dalam berkata dan mengucapkan kalimat, substitusi kata untuk menghindari hambatan dalam berbicara.

Daftar Pustaka :

Kaplan, Harold I., Sadock, Benjamin J, Grebb, Jack A. (2002). Sinopsis psikiatri ilmu pengetahuan psiatri klinis. Jakarta : Binarupa Aksara.

Nevid, Jeffrey S., Rathus, Spencer A., Greene, Beverly. (2002). Psikologi abnormal jilid dua edisi kelima. Jakarta : Erlangga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: